Wajib Tahu! 7 Tips Untuk Bekerja Secara Cerdas yang Perlu Kamu Terapkan!

SHARE

Kamu mungkin sering mendengar istilah kerja keras yang selalu dijadikan patokan oleh kebanyakan orang ketika mereka ingin meraih tujuan mereka. Namun, tahukah kamu mengenai kerja cerdas? Terlepas dari banyaknya pekerjaan dalam yang perlu dikerjakan dalam sehari, kamu tetap dapat memiliki waktu luang dengan bekerja secara efektif.

Bahkan dengan bekerja secara cerdas kamu dapat meningkatkan produktivitas dan performa kerja karena semua telah direncanakan dengan manajemen waktu yang baik. Berbeda dengan cara kerja keras yang biasanya mengeluarkan banyak tenaga, waktu, dan pikiran. Karena itu, kami akan memberikan tips yang dapat membuatmu bekerja secara cerdas. Yuk simak tips berikut ini!

1. Membuat prioritas

Ketika kamu ingin menerapkan cara kerja cerdas, maka kamu perlu untuk fokus pada pekerjaan yang paling penting untuk diselesaikan. Mulailah untuk membuat daftar tugasmu dan berikan tanda atau urutkanlah, mulai dari yang paling penting sampai yang belum terlalu mendesak untuk diselesaikan. Apabila kamu bingung untuk membuat daftarnya, cobalah tanyakan kepada atasanmu atau orang yang memberimu tugas tersebut, yang mana yang perlu diprioritaskan.

2. Hindari multitasking

Kebanyakan orang berpikir kalau dengan melakukan pekerjaan secara bersamaan akan lebih efektif untuk menyelesaikannya, tetapi sebenarnya hal tersebut dapat membuat produktivitas menurun, lho! Selain itu kualitas dari hasil pekerjaanmu dapat menurun karena kamu menjadi kurang fokus terhadap tugas yang dikerjakan. Dengan mengerjakan banyak tugas sekaligus juga dapat membuang waktumu lebih banyak karena proses pengerjaan lebih lama.

3. Membagi tugas

Jika kamu memiliki sebuah tugas yang memerlukan waktu cukup lama untuk mengerjakannya, bagilah tugas tersebut ke dalam beberapa bagian. Contohnya, jika kamu ingin membuat CV (curriculum vitae), mungkin kamu memerlukan jangka waktu lebih dari satu hari. Kamu dapat membaginya menjadi dua sampai tiga tahap. Tahap pertama adalah proses kamu menulis isi CV, kedua dan ketiga memilih template dan mengecek CVmu. Yang terpenting dari pembagian ini adalah kamu memiliki deadline yang disesuaikan dengan kemampuanmu.

4. Tidak memaksakan diri

Kamu telah memiliki prioritas tugas dan juga batas waktu untuk tugasmu. Bagaimana jika kamu tidak berhasil mencapainya? Jawabannya adalah tidak apa-apa! Perlu diingat bahwa kamu memiliki kondisi yang berbeda-beda pada setiap harinya. Hari ini kamu bisa sangat produktif, namun besoknya atau beberapa hari setelahnya kamu merasa kurang bersemangat atau kurang sehat. Hal itu sangatlah wajar terjadi dan kamu tidak perlu memaksakan dirimu untuk terus bekerja sepanjang hari apabila kamu belum berhasil mencapai target mu. Kamu juga dapat memberikan pengertian kepada atasanmu mengenai kendala yang kamu hadapi.

5. Matikan notifikasi

Salah satu hal yang dapat membuat fokusmu terbagi-bagi adalah notifikasi dari berbagai macam aplikasi, entah itu media sosial, email, atau chat. Jika kamu ingin fokus untuk menyelesaikan tugasmu, matikanlah notifikasi tersebut. Karena akan membutuhkan waktu lagi untuk kamu dapat fokus sehabis menjawab chat, email, dan lainnya. Jika kamu perlu membalas email penting, kamu dapat membuat jadwal pada jam berapa kamu akan membalasnya.

6. Bekerja dalam waktu 90 menit

Penelitian mengungkapkan bahwa otak kita dapat bekerja secara maksimal dalam waktu 90 menit, setelah itu otak akan membutuhkan waktu beristirahat. Kamu dapat mencoba metode waktu bekerja seperti ini, lalu ambilah istirahat sekitar 20-30 menit dan kembali lagi bekerja. Dengan begitu, kamu dapat lebih berkonsentrasi dan mempertahankan tenagamu lebih efisien.

7. Hindari stress

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi seluruh aktivitas dan pekerjaanmu adalah kondisi stress. Hal ini dapat menyebabkan masalah emosi, fisik, dan sikap sehingga performa kerjamu dapat menurun. Karena itu, kamu perlu untuk mengelola rasa stress. Kamu dapat melepaskan rasa stressmu dengan cara berolahraga, menonton film, mendengarkan musik, ataupun berjalan-jalan dengan temanmu.

Demikianlah tujuh tips untuk bekerja secara cerdas. Dengan menerapkan cara kerja seperti ini, kamu akan lebih baik dalam memanfaatkan waktu dan juga dilatih untuk memiliki fokus yang kuat. Disisi lain bekerja keras juga tidak salah kok! Bahkan jika kamu dapat mengkombinasikan kedua cara kerja ini, pekerjaanmu akan lebih maksimal dan bagus.