PKB Merah Tolak Koalisi dengan PKS, Dukung Prabowo-Muhaimin di 2024

SHARE

Ratusan loyalis dan kader Partai Kebangkitan Bangsa yang menamakan diri PKB Merah menolak partainya berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pemilu 2024.

Mereka menggelar aksi di kawasan Taman Pandanaran, Kota Semarang, Selasa (21/6). Dalam aksinya itu, mereka membentangkan spanduk bertuliskan "PKB Merah Menolak Koalisi Semut Merah. Tolak Koalisi dengan PKS".

Selain itu, PKB Merah juga menyambut gembira Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya antara Partai Gerindra dengan PKB.

Sejumlah spanduk yang dibentangkan bertuliskan "PKB Merah Bersyukur Koalisi PKB Gerindra" maupun "PKB Merah Mendukung Prabowo-Muhaimin Presiden-Wakil Presiden 2024".

Koordinator PKB Merah Kota Semarang Rohadi mengatakan aspirasi ini akan dibawa ke tingkat DPP PKB. Mereka berharap aspirasi ini bisa segera diwujudkan mengingat Pemilu 2024, terutama pemilu presiden semakin dekat.

"Kami sangat patuh kepada Ketua Umum PKB Gus Muhaimin Iskandar," ujarnya, seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan PKB adalah partai yang masuk empat besar pada Pemilu 2019. Menurutnya, hasil survei beberapa lembaga menyebut bahwa PKB memiliki pemilih paling loyal.

"Sudah sewajarnya PKB dilirik partai-partai lain untuk berkoalisi terutama dalam pilpres nanti," ujarnya.

Dia menjelaskan visi PKB adalah mewujudkan tatanan politik nasional yang demokratis, terbuka, bersih, berakhlakul karimah, dan mengedepankan kesejahteraan.

"Kami memandang kerja sama atau koalisi yang tepat dilakukan PKB pada Pemilu 2024 adalah bersama partai bervisi kebangsaan dengan jumlah pendukung dan suaranya yang tak kalah oleh suara PKB pada pemilu lalu," ujarnya.

Di tempat berbeda, di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, PKB Merah juga menggelar kegiatan yang sama. Mereka mendesak agar Prabowo Subianto dan Gus Muhaimin segera mendeklarasikan sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024.